click to comment

TUGAS MULOK

Yah, dikarenakan ini ada Blog untuk tugas mulok, jadi walaupun blog ini bertemakan musik, kalo ada tugas dari Bu Vilia--guru pembimbing-- ya harus dikerjakan, bukan? Well, ini adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang merupakan tugas dari Bu Vilia.

1. Apa itu Cyber Jurnalistik?
=> Cyber Jurnalistik adalah kegiatan jurnalisme lewat internet. Kelebihan cyber jurnalistik adalah kemudahan untuk mengakses ataupun menyebarkan informasi. Kebebasan pers dan cyber jurnalisme sangat erat kaitannya. Cyber jurnalistik merupakan wujud dari kebebasan pers yang diberikan dan dilindungi oleh pemerintah. Jurnalistik lewat website dibagi jadi dua, yaitu :

1.Lewat portal berita

Portal berita di internet dapat dikatakan sebagai gudang informasi. Disana kita dapat memperoleh berbagai macam informasi terkini. Lewat portal berita kita akan mendapatkan berita terupdate yang terjadi. Kelebihan ini karena wartawan dapat melakukan posting dari tempat meliput tanpa harus menyerahkan ke meja redaksi. Biasaynya berita yang disajikan berasal dari orang yang berprofesi sebagai wartawan. Portal berita lokal di Indonesia antara lain detik.com, okezone.com, kompas.com, metrotvnews.com, dll. Untuk portal berita asing dapat diakses di BBC.com , VOAnews.com, CNN.com, Reuters.com, dsb.

2.Lewat weblog (blog)


Web log, atau biasa disebut blog, adalah website yang dikelola oleh individu dengan materi-materi aktual seputar gagasan, komentar, deskripsi kegiatan, atau materi lain seperti gambar, video yang di-update secara berkala. Melalui blog inilah citizen jurnalism berkembang. Kini siapa saja dapat menjadi seorang blogger, sebutan bagi pengguna blog. Melalui blog mereka dapat memberitahukan informasi disekitar mereka tanpa harus dihantui ketakutan. Kebebasan pers lewat internet sangat ditunjang oleh keberadaan blog.

( Dikutip dari sini )


2. Apa itu Blogger?
=>
Blog adalah publikasi sederhana naskah-naskah yang ditata berdasarkan urutan waktu seperti layaknya sebuat jurnal atau buku harian. Blogger adalah suatu layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google. Blogger menawarkan dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk kelompok. Dalam Blogger, tidak ada pembatasan khusus tentang tema dan gaya tulisan. Mau menulis catatan harian, cerita pendek atau panjang, menulis opini, bahkan menulis berita pun tidak apa-apa. Bebas saja.

( Dikutip dari sini dengan penambahan )


3. Apa manfaat Blogger untuk pendidikan?
=>
Blogging merupakan sesuatu yang membuat kita bekerja lebih efisien karena memaksa kita untuk kembali mengingat detil cerita, pengalaman atau pengetahuan. Keberadaan beberapa blog-blog tertentu dapat memberikan informasi yang memuaskan, misalnya saja ketika disuruh membuat skripsi, tentu saja pertama kali kita konsultasi ke internet. Nah, dari internet itulah kita dapat menemukan blog yang isinya sesuai dengan apa yang kita cari. Yah, tidak hanya skripsi, sih, kalau ada tugas-tugas juga. Mengingat kita ini masih anak sekolahan. =))

( Dikutip dari sini dengan penambahan )


Well, kira-kira itulah jawaban yang bisa kami berikan. Maaf jika kurang memuaskan. Oh iya, satu lagi. Maaf juga karena telat sehari, Bu. Karena laptop Syarifah rusak dan Swistya lagi sakit. Jadi kemarin ngga sempat nge-post.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar